7 Anggota Sujud Yang Harus Diperhatikan Ketika Sholat


Assalamu’alaikum.. bismillahirrahmanirrahim

Kali ini saya ingin berbagi mengenai 7 anggota sujud yang harus bersentuhan langsung dengan bumi pada saat sholat. Jika tidak maka tidak sah sholatnya, sedangkan sholat adalah amal yang pertama kali dihisab di hari kiamat. Maka dari itu hal ini harus benar-benar diperhatikan agar sholat kita tidak sia-sia dan diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, amin.

Adapun 7 anggota sujud itu adalah sebagai berikut:

1. dahi atau kening atau jidat,

2. Kedua telapak tangan kanan dan kiri,

3. Kedua lutut kanan dan kiri,

4. Jari-jari pada kaki kanan dan kiri.

Dahi terkadang kurang mendapat perhatian pada saat sholat. Terutama bagi ikhwan yang rambutnya panjang dan berponi. Jika pada saat sujud dalam sholat rambut kita masih menutupi dahi, maka hal ini membuat sholat kita tidak sah. Tidak boleh ada satu helaipun rambut yang menutupi dan menghalangi dahi kita di saat sujud dalam sholat.

Kedua telapak tangan kanan dan kiri juga harus benar-benar diperhatikan posisinya pada saat sujud. Bukan hanya jari-jari tangan saja yang bersentuhan dengan bumi. Begitu juga dengan lutut kanan dan lutut kiri. Tetapi pada saat sujud kedua anggota tubuh ini sudah pasti bersentuhan dengan bumi.

Jari-jari pada kaki kanan dan kiri juga terkadang kurang mendapat perhatian pada saat sujud dalam sholat. Kadang posisi jari-jari lurus dengan telapak kaki dan jari-jari tidak menyentuh bumi, hal ini jangan dibiarkan terus terjadi, jari-jari kaki harus ditekuk hingga menyentuh bumi pada saat sholat. Agar sholat kita sah.

Jika ketujuh anggota tubuh di atas sudah menyentuh bumi pada saat sujud dalam sholat, insya Allah sholat kita sah dan diterima. Semoga artikel ini dapat menjadi renungan dan bersama dapat kita amalkan. Jika sholat kita benar, maka segala sesuatu yang ada dalam hidup kita akan ikut benar. Insya Allah.

Alhamdulillah..

Barakallah..

  1. السلام عليكم
    salam ukhuwah…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: