Sunnah Mendoakan Orang Bersin dan Makruh Mendoakannya Bila ia Tidak Mengucap Hamdalah


Assalamu’alaikum… Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw., beliau bersabda: “sesungguhnya Allah itu suka pada bersin dan benci pada menguap. Bila salah seorang diantara kamu sekalian bersin dan memuji kepada Allah Ta’ala (membaca hamdalah) maka wajib bagi setiap muslim mendengarnya untuk mengucapkan: “Yarhamukallaah” (Semoga Allah mengasihani kamu). Adapun menguap, maka itu berasal dari setan; bila salah seorang diantara kamu sekalian menguap maka ia harus menahannya sekuat tenaga, karena bila ada salah seorang diantara kamu sekalian itu menguap maka setan akan menertawakannya”. (Riwayat Bukhari).

Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw., beliau bersabda: “bila salah seorang diantara kamu sekalian bersin maka hendaklah ia mengucapkan: Al-hamdu lillah; dan bagi saudara atau kawannya hendaknya mengucapkan: Yarhamukallaah. Bila ada orang yang mengucapkan Yarhamukallah, maka orang yang bersin itu hendaklah mengucapkan: Yahdiikumullaahu wa yushiluhu baalakum (Semoga Allah memberi pentunjuk kepadamu dan semoga pula Allah senantiasa menunjukkan kebaikan pada hatimu)”. (Riwayat Bukhari).

Dari Abu Musa ra. berkata: “Saya mendengar Rasulullah saw. Bersabda: “Bila salah seorang diantara kamu sekalian bersin dan memuji kepada Allah maka doakanlah ia (dengan mengucapkan: Yarhamukallaah); dan bila ia tidak memuji kepada Allah maka janganlah kamu mendoakannya”. (Riwayat Muslim).

Dari Abu Hurairah ra. berkata: “Apabila Rasulullah saw. Bersin, maka beliau meletakkan tangan atau pakaiannya ke mulutnya dan beliau merendahkan dan menekan suaranya”. (Riwayat Abu Daud dan At Turmudy).

Dari Abu Sa’id Al Khudry ra. berkata, Rasulullah saw. Bersabda: “Bila salah seorang di antara kamu sekalian menguap maka hendaklah ia menutupkan tangan pada mulutnya, karena sesungguhnya setan akan masuk ke mulutnya itu”. (Riwayat Muslim).

Jelaslah sudah, berdasarkan dalil-dalil diatas. Jika ada seseorang bersin, disunnahkan mengucap hamdalah, dan bagi yang mendengar menjawabnya dengan Yarhamukallah, lalu bagi yang bersin menjawabnya lagi dengan Yahdiikumullaahu wa yushiluhu baalakum. Kemudian jika kita menguap, hendaklah menutup mulut kita dengan tangan agar setan tidak masuk melalui mulut kita.

Semoga saya sendiri dapat mengamalkannya. Semoga bermanfaat juga bagi pembaca dan bersama-sama mengamalkannya. Karena jika ilmu tidak diamalkan, tidak ada nilainya di sisi Allah.

Subhanakallahumma wabihamdik asyhaduanla ilaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaiik.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: