Kemasan Logam


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Nah kali ini saya akan memposting tugas kuliah Teknologi Pengemasan Pangan. Tugasnya hanya membuat review tentang materi kuliah Kemasn Logam yang di ajarkan minggu kemarin (14032012) sih hehehe😆

Kemasan Logam

Kemasan logam merupakan konduktor (peghantar panas yang baik). Kemasan logam memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan kemasan nonlogam, antara lain dapat ditempa dan dibengkokkan dalam keadaan padat jika dipanaskan dengan suhu tinggi, mempunyai kilap logam, tidak tembus pandang, dan bentuknya padat.

Kemasan logam yang paling dikenal adalah dalam bentuk wadah kaleng. Menurut cara dan tujuannya terdapat dua jenis kaleng. Jenis yang pertama yaitu kaleng untuk pengemasan steril. Kaleng ini ditutup sampai kedap udara dengan alat khusus sehingga diperoleh sambungan ganda (double seam). contohnya tin plate, tin free steel dan alumunium. Jenis yang kedua yaitu kaleng tidak untuk proses steril, kaleng ini biasanya tidak ditutup dengan alat khusus sehingga tidak ada sambungan double seam pada batas badan dan tutup kaleng. Beberapa keuntungan dari wadah kaleng yaitu mempunyai sifat sebagai pelindung atau barrier yang baik khususnya terhadap gas, daya toksisitas yang rendah, tahan perubahan suhu ekstrim, memiliki permukaan yang ideal untuk dekorasi dan labeling.

Pada mulanya kaleng terbuat dari plat timah dan berkembang berbagai jenis kaleng yang berbeda dengan plat timah standar, seperti kaleng baja bebas timah, kaleng tiga lapis, dan kaleng lapis ganda. Pemilihan jenis atau tipe kaleng perlu memperhatikan sifat korosif dan keasaman makanan. Untuk mencegah korosi dan kontak langsung antara bahan pangan dengan wadah logam dilakukan pelapisan dengan lapisan enamel. Enamel ini merupakan bahan pelapis organic golongan senyawa resin. Tipe keleng berdasarkan komposisi bahan kimianya antara lain Tipe L, Tipe MR, Tipe MC, Tipe N, dan lain-lain.

Sumber: Marleen Herudiyanto. 2008. Teknologi Pengemasan Pangan. Widya Padjadjaran, Jatinangor.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: