Penentuan Kadar Lemak Metode Soxhlet


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

(Sumber: Dokumentasi Pribadi, 2012)

Nah.. alat soxhlet seperti pada gambar di atas cukup menarik perhatian saya ketika pertama kali melihatnya dan belajar menggunakannya saat praktikum analisis pangan mengenai penentuan kadar lemak. Alat ini cukup canggih menurut saya dan cukup mudah untuk digunakan ^.^

Sokhlet tampak samping kanan :D

(Sumber: Dokumentasi Pribadi, 2012)

Lemak atau minyak didapat dari jaringan hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Lemak atau minyak ternyata terdiri dari berbagai macam trigliserida.

Fraksi Lemak atau minyak dari suatu hasil pertanian dapat dipisahkan ke dalam bagian-bagiannya dengan jalan mengekstraksinya dengan suatu zat pelarut, misalnya petroleum ether, ethyl ether, chloroform, benzene dan lain-lain.

Proses penuangan atau pemasukan hexana, kirakira sebanyak 50 ml :D

(Sumber: Dokumentasi Pribadi, 2012)

Prinsip penentuan kadar lemak dengan metode soxhlet yaitu lemak diekstrak dengan pelarut lemak yaitu ether (diethyl ether) atau hexane secara terus menerus. Setelah pelarutnya diuapkan, lemaknya dapat ditimbang dan dihitung presentasenya.

Sumber: Bahan Ajar Praktikum Analisis Pangan, Program studi Teknologi Pangan, Jurusan Teknologi Industri Pangan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, 2012.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar